Home altcoin Mengenal monero ( XMR ) crypto currency anonim

Mengenal monero ( XMR ) crypto currency anonim

173
0
SHARE

ICOgan.com ~ Berkambangnya teknologi blockchain dengan pesat beberapa tahun belakangan ini memang menuculkan banyak coin-coin baru dengan fitur dan fungsi yang berbeda setiap coin satu dengan lainnya.

Stellar lummens dengan ripple tentu memiliki perbedaan fungsi dan tujuan utama, begitu juga dengan coin yang akan kita bahas kali ini yaitu monero atau sering di kenal dengan simbol XRM.

Mari mengenal monero crypto currency yang di sebut-sebut crypto currency paling anonim. Mengapa dikatakan demikian ? tentu ada alasan yang mendasari mengapa monero dikatakan crypto currency paling anonim, mari kita bahas lebih lanjut.

Monero adalah suatu kode Open-Source yang menggunakan teknologi blockchain dan dibuat pada bulan April 2014 oleh pengembang Anonim. Monero atau sering disebut dengan simbol XMR berfokus pada Privasi, Desentralisasi, serta Skalabilitas, yang dapat diimplementasikan pada sistem operasi Windows, MacOS, Linux, Android dan FreeBSD.

Baca juga : Apa itu altcoin stellar lumens ?

Tujuan utama penciptaan Monero adalah untuk memperbaiki desain dari kriptografis yang ada, dengan membuat seluruh detail, mulai pengirim, penerima, dan jumlah transaksi menjadi Anonim (tidak terlacak dan tidak terdeteksi), serta membuat proses penambangan legib Egaliter.

Berbeda dengan bitcoin yang dirancang dapat dilacak baik alamat pengirim, alamat penerima serta jumlah pengiriman pada setiap transaksi. Dengan demikian monero benar-benar memberikan privasi kepada pemakai kriptografi satu ini. Fokus pada privasi tersebut dimaksudkan agar orang-orang yang ingin bertransaksi tanpa diketahui oleh orang lain, maupun pihak ketiga, dengan proses Peer-to-Peer secara otomatis.

Apa fitur Monero ( XMR ) ? beberapa fitur menarik yang disediakan oleh mata uang kripto ini sebagai berikut :

  1. Privasi (RingCT):
    Karena fitur privasi di monero begitu kuat, hampir mustahil untuk dapat melacak transaksi dalam blockchainmonero.Kita tidak dapat mengetahui isi transaksi monero orang lain kecuali orang itu dengan tanpa paksaan membukanya. Kita juga tidak dapat mengetahui siapa saja pihak yang mengirimkan uang ke wallet monero tersebut.
  2. Fungibility (RingCT):
    Fungsi ini dapat membuat semua koin akan selalu memiliki nilai yang sama. Sebagai contoh, jika kita mengambil uang tunai di ATM kita hanya dapat mengetahui pihak terakhir yang memberikan uang tersebut dan tidak akan pernah tahu darimana uang tersebut berasal. Fungsi ini akan menjamin nilai setiap lembar uang dengan nominal sama, akan tetap memililiki nilai yang sama atau Fungible.
  3. Keamanan (Cryptonote): Monero adalah mata uang digital yang menggunakan teknologi blockchain dengan kriptografi, maka semua keunggulan teknologi blockchain juga hadir di monero.

Bagaimana perkembangan monero ( XMR ) dan kapitalisasinya hingga saat ini ? Monero bisa di katakan salah satu altcoin yang menarik perhatian masyarakat. Terbukti dari data yang kita lihat pada situs coinmarketcap kapitalisasinya mencapai Rp 44,797,079,429,566 menempati urutan ke 12 kapitalisasinya saat ini.

Bagaimana membeli monero ? anda bisa membelinya pada market INDODAX , karena tidak ada pasangan monero ke idr maka anda dapat mengkonversinya menggunakan bitcoin pada market exchange terbesar tersebut.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here