Home ethereum Apa itu coin ethereum ?

Apa itu coin ethereum ?

174
0
SHARE

ICOgan.com ~ jika anda bertanya-tanya mengenai ethereum, maka anda datang pada situs yang tepat, saat ini kita akan membahas apa itu ethreum. Seperti yang kita ketahui bahwa crypto currency saat ini sangat ramai dan telah bermunculan banyak coin dan token baru yang menggunakan teknologi blockchain.

Sehingga volatilitas yang terjadi pada pasar crypto currencies sangat besar setiap harinya. Telah kita ketahui bersama bahwa  cryptocurrency merupakan mata uang yang terdesentralisasi peer-to-peer karena mengadopsi teknologi blockchain . hal ini berarti tidak akan ada campur tangan pihak ketiga yang bisa mengambil keuntungan dari transaksi yang dilakukan.

Apa itu ethereum ? Ethereum adalah platform ter-desentralisasi yang bisa menjalankan smart contract, yaitu aplikasi yang bisa berjalan sendiri sesuai pemrograman tanpa adanya downtime, sensor, penipuan ataupun gangguan dari pihak lain.

Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014 dan tujuan Ethereum adalah untuk menjadi platform dimana smart contracts dapat diciptakan dan dijalankan. Vitalik merupakan salah satu pengembang Bitcoin dari tahun 2011 sampai 2013. Pada saat Buterin mengembangkan Bitcoin, dia menemukan inovasi bahwa mata uang kripto tersebut harus dibuat lebih mudah “disesuaikan”, sehingga vitalik bersama beberapa orang rekannya memulai proyek untuk menciptakan mata uang kripto yang bisa digunakan untuk berbagai macam transaksi, dan bisa diadaptasi oleh berbagai macam platform.

Mungkin anda bertanya, apa perbedaan bitcoin dan ethereum ? Bitcoin lebih ditujukan untuk menyimpan daftar saldo dan transaksi di blockchainnya, sementara blockchain Ethereum dirancang untuk menyimpan berbagai jenis data. Data ini bisa diakses dan digunakan oleh program-program komputer yang berjalan di blockchain Ethereum.

Smart Contracts adalah kontrak self-executing yang ditulis dalam baris kode dimana kesepakatan yang ada dalam kontrak bisa dilaksanakan secara otomatis. Smart Contracts memungkinkan pembayaran secara instan tanpa delay, tanpa hambatan, dan tanpa pihak ketiga (perantara) yang dilakukan pada jaringan terdesentralisasi.

Teknologi Ethereum merupakan terknologi yang open Source, hal ini berarti dapat dikembangkan oleh pihak manapun di dunia ini. Selain itu, Ethereum mempunyai EVM (Ethereum Virtual Machine) yang memungkinkan developer dalam mengembangkan dan meluncurkan berbagai aplikasi yang terintegrasi pada jaringan Ethereum sebagai fasilitator transaksinya.

Saat ini ethereum telah didukung oleh banyak perusahaan-perusahaan besar di dunia yang ingin mengeksplorasi dan mengaplikasikan teknologinya untuk aplikasi Smart Contract. Sebuah kelompok bernama “Enterprise Ethereum Alliance (EEA)” yang didirikan pada Februari 2017, diketahui menyatukan lebih dari 80 perusahaan besar yang menggarap proyek menggunakan blockchain Ethereum. Diantara perusahaan-perusahaan yang terlibat adalah perusahaan finansial multinasional JP Morgan, korporasi raksasa Microsoft, dan Intel.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here